Blogging Harus Punya Tujuan!

Bila anda seorang blogger, berhentilah sejenak dan coba renungkan – Apa tujuan blogging anda?

Banyak orang bertujuan untuk kaya lewat blogging, demi mencapai kebebasan secara finansial. Bukan suatu yang haram atau dilarang, dan juga tidak mustahil. Tujuan ini sebenarnya adalah hal yang benar dan sudah seharusnya ada sejak dari awal.

Dengan mempunyai tujuan, kita jadi berusaha membentang jalur untuk menuju ke sana. Otak kita mulai berpikir dan mempelajari, bagaimana cara memperoleh penghasilan. Mulai dari menerima pemasangan iklan, sponsored review, atau program affiliate.

Sebaliknya tidak banyak juga yang melakukan aktifitas blogging hanya demi personal branding, atau membangun reputasi lewat dunia maya. Dengan harapan bisa membangun atau mencari peluang bisnis lainnya.

Tujuan & Strategi

Bila tujuan sudah jelas, kini saatnya kita menyusun strategi untuk menempuh perjalanan ke arah tadi. Karena tanpa tujuan, kita tidak akan bisa menentukan strategi.

Ibaratnya suatu perjalanan jauh, tentunya anda harus merencanakan untuk istirahat di mana. Berhenti untuk mengisi bahan bakar di mana. Makan siang atau makan malam apa. Berapa banyak biaya yang dibutuhkan. Semua ini tentunya memerlukan perencanaan matang.

Apakah Strategi Kita Berhasil?

Berhasil? – Hasil inilah yang perlu kita ukur, karena apa gunanya punya strategi bila kita tidak mengukur hasilnya.

Misalnya kita ingin blog jadi semakin ramai dengan mengadakan kontes. Jutaan rupiah terbuang untuk hadiahnya, tapi kita tidak peduli dari hasilnya? Tidak mungkin bukan!?

Belajar Dari Proses

Proses di atas tidak hanya terjadi beberapa kali untuk mencapai tujuan, bahkan perlu dijalankan berulang kali. Dari proses ini, tentunya kita belajar banyak, entah dari kesuksesan atau kegagalan.

Untuk belajar kita harus mencari informasi, mengumpulkan sumber, menjalin relasi, dan sebagainya. Inilah efek samping dari blogging.

Tanpa tujuan, blogging tidak mempunyai arah. Tanpa arah, kita lebih susah untuk menentukan topik dan mengumpulkan sumber. Tanpa tujuan, kita juga susah menikmati hasilnya. Syukurlah bila arahnya benar. Bila terus menerus di tempat yang sama, bukankah hanya membuang waktu?

Intinya, dengan adanya tujuannya, aktifitas blogging jadi lebih gampang dan bermanfaat. Kita jadi lebih maju, karena terpaksa belajar hal baru sesuai topik & tujuan kita.

 

Sumber : http://www.navinot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s