Dampak Negatif Penggunaan Kompter Terhadap Kehidupan Sosial

Bila kita memandang penggunaan komputer dari segi positif mungkin sudah sangat banyak sekali kita ketahui, namun dampak yang di rasakan dari penggunaan komputer ada pula yang berpengaruh buruk. Ada beberapa hal yang bila kita kerjakan berlebihan akan menimbulkan dampak negarif, sama halnya dengan menggunakan komputer secara berlebih. Penggunaan komputer secara berlebih memiliki dampak yang kurang baik pula.

Antisosial atferd

Foto: http://www.webpsykologen.no

Saya ambil contoh dampak negarif dari penggunaan komputer dalam kehidupan sosial adalah “anti sosial”. Pengertian anti sosial menurut wikipedia adalah  perilaku yang kurang pertimbangan untuk orang lain dan yang dapat menyebabkan kerusakan pada masyarakat, baik sengaja atau melalui kelalaian, karena bertentangan dengan perilaku pro-sosial, perilaku yang membantu atau bermanfaat bagi masyarakat.

Dan menurut kamus kesehatan, anti sosial adalah gangguan di mana penderitanya tidak peduli dengan hak orang lain. Tindakan mereka tidak didasarkan pada apa pun kecuali hasrat mereka sendiri. Orang dengan gangguan ini menunjukkan pola perilaku impulsif, tidak bertanggung jawab, tidak dipikirkan, dan kadang-kadang kriminal. Mereka seringkali cerdas dan pandai berbicara, dengan kemampuan untuk mempesona dan memanipulasi orang lain. Mereka dapat menjadi penjahat keji yang sangat berbahaya bagi masyarakat karena kemampuan mereka untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain dikombinasikan dengan kurangnya kesadaran atau rasa bersalah. Istilah lain yang terkait dengan gangguan ini adalah psikopat atau sosiopat.

Secara sederhana dapat saya simpulkan bahwa sikap anti sosial adalah sikap yang tidak difikirkan cenderung negatif dan secara tidak dapat menyakiti dapat menyakiti perasaan orang disekitarnya. Sehingga orang yang demikian bisanya merasa dikucilkan oleh lingkungan dan cenderung menyendiri.

Dari kedua sumper yang mengartika anti sosial, memberikan gambaran kepada kita beta berbahayanya sikap anti sosial itu. Dan sikap itu bisa timbul dari penggunaan teknologi komputer yang berlebihan.

Untuk informasi mengenai dampak negatif lain dari penggunaan komputer anda bisa membaca artikel ini http://rsud.patikab.go.id/?page=berita&id=51 dan http://bukansemacamblog.blogspot.com/2010/04/anti-sosial.html

Alasan saya menulis arikel ini karena saya baru menyadari hal itu. Terusterang saja saya adalah orang pengguna komputer boleh dikatakan maniak, hampir 24 jam waktu saya di gunakan untuk berhadapan dengan komputer, entah itu main game, kerja, browsing atau hanya sekedar mendengarkan musik atau melihat film.

Sebenarnya dampak anti sosial ini sudah saya alami beberapa tahun lalu, saya merasa kurang bisa bergaul dan mudah tersinggung. Tidak sedikit teman saya menilai saya sombong, padahal tidak demikian. Tidak enak memang rasanya seperti anak itik dalam sangkar ayam. Saya merasa dibedakan oleh beberapa teman. Untungnya hal itu tidak berlangsung lama dan alhamdulillah hal itu sudah dapat saya atasi, dengan cara banyak berdiskusi dengan teman atau hanya sekedar bercengkrama bisa.

Dan sekarang lain ceritanya, dulu saya yang bersikap anti sosial, tp sekarang saya merasakan bagaimana berhadapan dengan orang yang anti sosial. Dikampus saya mempunyai teman baru, dia orangnya pintar dalam segi akademis, namun dalam segi non akademis stau soft skill ia saya rasa kurang. Pernah saya duduk berdampingan dengan saya, yang dia lakukan hanya asik saja bermain game, tidak ada sepatah katapun yang ia keluarkan. Ketika saya hendak pulang, seperti biasa saya berpamitan, namun apa yang ia katakan bukannya mendoakan untuk hati-hati di jalan atau hanya sekedar basa-basi menyucapkan silahkan, tapi dengan senyum tipisnya ia katakan ‘terserah‘. Sakit hati rasanya mendengan ucapan itu, tapi saya mengerti kenapa dia seperti itu, dan saya memakluminya.

Sebaiknya yang kita lakukan bukan menjauhi mereka tetapi harus kita rangkul mereka dan memberi perhatian yang besar. Karena menjadi orang anti sosial itu tidaklah mengenakan.

Mudah-mudahan antikel ini bisa bermanfaat untuk kita, aminn.

Leave a Reply

